//

Senin, 28 September 2009

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

PENERPAN KOMPUTER

1. PENDAHULUAN

Sekarang kita hidup didalam dunia yang sedang mengalami proses revolusi dari teknologi komputer yang disebut Computerization (kompiterisasi). Komputerisasi tidak hanya mempengaruhi secara pribadi tetapi juga mempengaruhi keluarga,masyarakat,organisasi,hampir semua tidak terlewat untuk tidak tersentuh oleh komputerisasi.

2. PENERAPAN KOMPUTER DI BIDANG TEKNIK DAN OLMU PENGETAHUAN
Kecepatan dan letepatan komputer sangat betmanfaat dalam pengolahan data pada aplikasi teknik. Komputer dapat menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat. Dari penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bila dilakukan oleh manusia alan membutuhkan biaya yang besar, sekarang dapat dilakukan simulasi pada komputer.
Para ahli Nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar komputer, tidak perlu model yang sebenarnya. Komputer juga dapat digunakan untuk membuat model mulekul yang dapat ditampilkan secara grafik pada layar komputer, melalui grafik ini para ahli dapat mengamati bagaimana molekul tersebut bereaksi satu dengan yang lainnya dan bagaimana molekul tersebut bereaksi bila dipenaruhi lingkungan luarnya.
Komputer juga digunakan pada bidang Geologi untuk mempelajari keadaan tanah secara contour dari suatu daerah. Aplikasi dari Computer aided design (CAD), yaitu perancangan yang memakai bantuan komputer. Sekarang banyak digunakan untuk merancang dalam bentuk teknik, seperti perancangan bentuk mobil, bentuk gedung atau susunan tata ruang dalam bidang arsitektur. Pada bidang teknik sipil perhitungan konstruksi gedung tingkat tinggi yang rumit dapat diselesaikan oleh komputer, insinyur teknik sipil hanya memasukkan data yang diperlukan saja dan komputer akan memberikan hasil. Perhitungan seperti ini bila dilakukan secara manual akan sangat rumit, tetapi dengan menggunakan komputer akan lebih cepat dan lebih tepat.

3. PENERAPAN KOMPUTER DI BIDANG BISNIS
Kegunaan komputer pada aplikasi bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Informasi ini ibarat darah yang mengalir dalam tubuh suatu perusahaan, bila didalam suatu perusahaan informasi tersebut berhenti atau terlambat maka sistem ersahaan akan terhenti atau lusuh.

Management Information System (MIS) atau sistem informasi manajemen merupakansuatu sistem informasi yang sekarang banyak digunakan pada perusahaan untuk menyediakakninformasi yang diperlukan oleh semua tinglat manajemen.

MIS didefinisikan oleh GORDON B DAVIS sebagai berikut:
  1. 1. Suatu sistem informasi yang didasarkan pada komputer, dirancang untuk mendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuan pengambilan keputusan didalam suatu organisasi.
  2. Salas satu bagian dari MIS adalah AIS (Accounting Information System), yaitu sistem akuntansi yang menyediakan informasi baik untuk pihak manajemen dari pihak luar yang mempergunakan alat bantu komputer untuk mengolah data akuntansinya.

4. PENERAPAN KOMPUTER BIDANG INDUSTRI
Penerapan komputer pada bidang industri saat ini telah meluas, karena kemungkinan proses produksi di dalam industri akan lebih efektip. Didalam proses produksi, komputer dapat digukakan untuk pengawasan numerik atau pengawasan proses.
  1. Pengawasan numerik berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi dari mesin-mesin yang digunakan, seperti mesin pemotong, grenda, mesin pres dan lain sebagainya. Sistem pengawasan numerik ini dilakukan dengan menggunakan data numerik sesuai dengan data yang dimasukan.
  2. Pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi didalam operasiproses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri untuk membuat otomatis proses produksi dan untuk mengatur secara otomatis secara variabel yang mempengaruhi proses produksi yang sulit dilakukan oleh manusia secara serentak, faktor variabel yang mempengaruhi proses produksi berupa waktu pengolahan,berat bahan,tekanan,temperatur, ukuran,volume dan sebagainya. Komputer ini banyak digunakan pada proses produksi baja, penyulingan minyak, produksi kertas, bahan kimia,semen dan makanan.

5. PENERAPAN KOMPUTER DI BIDANG PERBANKAN
Dibidang perbankan komputer digukanakan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank juga meningkatkan pelayanan kepadapihak nasabah bank.

6. PENERAPAN KOMPUTER DI BIDANG PENDIDIKAN
Komputer sekarang sudah masuk di dalam dunia pendidikan, sekarang banyaktersedia paket program untuk membantu didalam pendidikan, misalnya paket program untuk membantu didalam mempelajari Matamatika, BahasaInggris, dan lain sebagainya,metode belajar menggunakan komputer akan lebih efektip danmenarik.
Komputer juga digunakan untuk membantu orang yang tuli mempelajari bahasa kode, program komputer ini dikembangkan oleh seorang murid SMA dari Florida, Yaitu DANIEL J JOHNSTON.

7. PENERAPAN KOMPUTER DI BIDANG KEDOKTERAN
Di bidang kedokteran komputer digunakan pada klinik-klinik dan rumah sakit untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat, Dengan memasukan gejala-gejala penyakit dari pasien ke komputer, dokter akan segera mendapatkan hasil dari jenis penyakit pasien dan dapat menentukan obatnya.

  • CAT (Computerized Axial Tomografy), pertama kali digunakan pada ahun 1973 untuk membuat gambar otak, sekarang digunakan untuk mengambil gambar seluruh organ tubuh.
  • Tomografy adalah teknik yang menggunakan sinar X untuk menganalaisis organ tubuh tanpa harus memotong organ tubuh, dengan menyinari bagian yang akan di analisis dari beberapa sudut komputer akan menmpilkan ke dalam bentuk gambar yang lebih tepat dan jelas daripada hasilpemotretan sinar-X yang konvensional.
  • Sistem CAt digunakan untuk organ tubuh yang tidak bergerak.
  • DSR (Dymanic System Reconstructor) digunakan untuk bagian tubuh yang bergerak, DRS menampilkan gambar tiga dimensi dari organ tubuh dan dapat menghilangkan bagian yang tidak diperlukan pemerataan. DSR dapat menghasilkan gambar yang dapat diputar untuk mendapatkan pandangan dari beberapa sudut yang dikehendaki oleh dokter.
  • SPECT (Single Emission Computer Tomography) merupakan sistem komputer yang mendeteksi partikel tubuh yang diptampilkan dalam bentuk gambar. SPECT menggunakan gas radioaktif
  • PET ( Position Emission Tomography) merupakan sistem komputer yang menamoilkan gambar yang menggunakan isotop radioaktif.
  • NMR (Nuclear Magnetik Resonance), yang menggunakan komputer dengan teknik pendiagnosaan, NMR berkerja dengan cara memagnetikan Nucleus(pusat atom) dari atom hidrogen. Para ahli kedokteran memusatkan perhatiannya pada Stimulasi dari atom hidrogen, karena 70% dari tubuh manusia terdiri dari air dan air dibentuk sebagian dari atom hidrogen.

8. PENERAPAN KOMPUTER DI BIDANG PENERBANGAN
Salah satu kegunaan komputer pada perusahaan penerbangan adalah untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket. Tiap cabang dapat menanyakan jadwal dan penerbangan dan kursi-kursi yang kosong untuk suatu jadwal penerbangan,komputer cabang dihubungkan pada komouter pusat lewat alat telekomuniasi. Dengan bantuan komputer pelayanan dan pengaturan jadwal akan lebih cepat dan tepat.

9. PENERAPAN KOMPUTER DI BIDANG KRIMINALITAS
Komputer dapat menghasilkan statistik kriminalitas di suatu daerah sehingga dapat membantu pengaturan patroli yang diperlukan.

Sistem komputer yang digunakan di bidang Kriminalitas adalah:
  1. PROMIS (Prosecutor Offender Management Information Syatem). Sistem yang dikembangka oleh Instutute Of Law and Social Reseach di Washington D.C . PROMIS dapat memberikan informasi mengenai masalah kriminalitas dan dapat memberikan informasi mengenai bukti dari tuduhan untuk dibawa kepengadilan.
  2. CATCH (Computer Assisted Terminal Criminal Hunt). Digunakan di kota New York , CATCH menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail dariorang yang dicurigai dan akan ditampilkan pada layar komputer.
  3. MOTION (Metropolitan Orleans Information Online Network). digunakan di New Orleans, MOTION menyediakan informasi sekitar 15.000 orang yang mempunyai latar belakang kriminalitas.
  4. ARJIS (Automated Regional Justice Information System). Sistem ini difunakan di SAn Diego. ARJIS dapat menyediakan informasi mengenaisidik jari dan tingkah laku dari kriminalitas yang dicurigai.

10. PENERAPAN KOMPUTER DI BIDANG PERMAINAN
Komputer juga dapat digunakan untuk hiburan dalam bentuk permainan. Permainan komputer juga dapat membantu untuk pasien yang mempunyai kelemahan mental, Permainan ini menuntut pemain berfikir dan bergerak dengan tangkas,buiasanya permainan ini mempunyai tingkat kesulitan tertentu.


PENGGOLONGAN KOMPUTER


1. PENDAHULUAN
Komputer oleh beberapa profesional digolongkan dalam beberapa sudut pandangan. Ada yang menggolongkan berdasarkan data yang diolah, berdasarkan penggunaan, ukuran dan generasinya.

2. BEDASARKAN DATA YANG DIOLAH
Bedasarkan data yang diolah komputer digolongkan dalam tiga golongan yaitu:
  • Analog Computer (komputer analog)
Komputer analog digunakan untuk data yang sifatnya kotinyu dan bukan data yang berbentuk angka tetapi dalam bentuk fisik, Seperti arus listrik, temperatur, kecepatan dan tekanan. Output dari komputer analog umumnya adalah untuk pengaturan atau pengontrolan sebuah mesin. Komputer analog banyak digunakan pada proses pengontrolan pada pabrik kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, rumah sakit untuk mengukur denyut jantung dan sebagainya. Keuntungan komputer analaog adalah kemampuan dalam menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengukur data tanpa harus dikonversikan, sehingga komputer aanalog lebih cepat dibangdingkan oleh komputer digital. Kerugian komputer analog adalah terletak pada ketepatannya , komputer digital lebih tepat dibandingkan komputer analog.
  • Digital Computer (komputer digital)
Data dalam koputer digital diterima dalam bentuk angka atau huruf, biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan teknik. Keunggulan dari komputer digital adalah sebagai berikut:
  1. Memproses data lebih tepat
  2. Dapat menyimpan data slama dibutuhkan oleh proses.
  3. Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan menentukan hasilnya
  4. Data yang telah dimasukan dapat dikoreksi atau dihapus.
  5. Outpu dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik, maupun gambar.
  • Hybrid Computer (KOmputer Hibrid)
Komputer hibrid merupakan kombinasi dari komputer analog dan digital, seingga mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat daripada komputer digital dan lebih tepatdaripada komputer analog.

3. BERDASARKA DATA YANG DIOLAH
Berdasarkan pengunaannya komputer digolongkan menjadi dua yaitu:
  1. Special-purpose Computer (komputer untuk penggunaan khusus) Komputer ini dirancang untk menyelesaikan masalah yang khusus yang biasanya hanya berupa satu masalah saja. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog dan umumnya komputer analog adalah Special-pupose Computer.
    Special-pupose Computer banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses industri seperti pabrik kimia, pabrik baja untuk tujuan militer, dan penyulingan minyak.
  2. General-Porpuse Computer (komputer untuk penggunaan umum) Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan masalah yang berbeda seperti aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengilahan kata, permainan dan lain sebagainya.
4. BERDASARKAN UKURANNYA
Berdasarkan ukuran komputer digolongkan,
  • Komputer Mikro (micro ComputerKomputer)
  • Mini (mini Computer)
  • Komputer Kecil (small komputer)
  • Komputer Menengah (medium computer)
  • Komputer besar (large computer)
  • Komputer Super (super computer)
Ukuran komputer ditunjukan oleh kemampuannya dalam mengolah data, ditentukan oleh beberapa hal sebagai berikut:
  1. Kapasitas Main Memory (simpanan dalam). Ukuran kapasitas simpanan dinyatakan dalam bentuk Byte, beberapa orang mencoba untuk menggolongkan komputer denagn membandingkan kapasitas dari main memory, akan tatapi sangat sulit untuk menggolongkannya karena teknologi teknologi berkembang dengan pesatnya.
  2. Konfigurasi dari Operand Register. Beberapa komputer mempunyai konfigurasi operand register yang berbeda 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. komputer yang mempunyai ukutan 8 bit berarti disebut dengan komputer 8 bit dan seterusnya.
  3. Kecepatan Mengolahnya. Menggolongkan komputer dalam kecepatan mengolahnya juga sangat sulit. Large Computer ( komputer besar) beberapa tahun lalu mempunyai kecepatan jutaan instruksi perdetik, akan tetapi komputer generasi keempat dengan digunakannya komp[onen yang mampu memproses lebih cepat dibandingkan dengan komponen sebelumnya.
-. Micro Komputer
Komputer Mikro disebut juga dengan personal computer. Komputer mikro pada umumnya pemakaian tunggal yaitu, sau komputer hanya dapat digunakan untuk satu pemakai saja untuk tiap saat.
Perkembangan lebih lanjut komputer mokro adalah Komputer super Mikro (supermicro komputer). Komputer super mikro merupakan multiuser system dengan harga lebih murah dibandingkan dengan komputer mini.

-. Mini Komputer
Komputer mini dapat bersifat multi-user (pemakai banyak), yaitu sebuah komputer dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai. Pada tahun 1960, sekitar 5000 komputer mini teah dipergunakan dan pada tahun 1970, jumlahnya telah meningkat mencapai 10.000 komputer mini. Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan terhadap aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data.

-. Small Computer
Smal computer sekarang kebanyakan menggunakan sistem multi programming, multiprocessing, dan virtual storage, serta bersifat multi-user dengan jumlah terminal sampai ratusan buah.

-. Medium Computer
Medium computer dapat mempunyau sejumlah besar dan bermacam-macam alat input dan output. Medium computer biasanya digunakan untuk kompunikasi data, denag ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya. Pusat komputer menggunakan Medium Computer dan terminal dapat menggunakan micro computer dan mini computer untuk penerapan konsep distribusi data processing.

-. Large Computer
Large Computer biasanya digunakan pada perusahaan yang besar, seperti perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang tersebar di seluruh dunia yang tiap-tiap kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat kompternya.
Large Computer mempunyai kecepatan 400 MIPS , karena kecepatan dan besarnya memori komputer ini memungkinkan menerapkan sistem time-sharing, sehingga ratusan pemakai dapat menggunakan komputer dari terminal masing-masing pada saat yang bersamaan.

-. Super Computer
Perusahaan di Amerika Serikat dan Jepang telah berhasil melakukan penelitian dan pengembangan komputer ini. IBM telah melakukan pengembangan lebi dari 15 tahun dan lebih dari 100 juta dollarAmerika telah digunakan untuk mengembangkan Super Computer. Super komputer disebut juga dengan Parallel Processor, karena super komputer mempunyai banyak prosessor yang dipasang secara parallel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar